MEMBUAT POWERBANK DARI BATERAI 9V

MEMBUAT POWERBANK DARI BATERAI 9V

Perusahaan riset International Data Corporation (IDC) menerbitkan laporan mengenai data penjualan smartphone sepanjang 2015. Laporan tersebut menyebutkan bahwa hingga tahun lalu berakhir, pengiriman smartphone secara global mencapai angka 1,43 miliar unit. Angka ini menunjukkan peningkatan 10,1 persen dibandingkan tahun lalu. Pada kuartal keempat 2015, pengiriman smartphone mencapai 399,5 juta unit, atau meningkat 5,7 persen dibandingkan dengan periode tiga bulan terakhir 2014. (www. id.techinasia.com)

Berdasarkan hal tersebut, maka setidaknya pengguna handphone setiap tahunnya pasti meningkat. Tetapi jika handphone tersebut kehabisan daya maka kita harus men-charger­ handphone kita. Tetapi jika kita jauh dari sumber listrik apa yang bias kita persiapkan? Jawabannya adalah membeli powerbank.

Penjualan powerbank di Indonesia ternyata menggiurkan. Siapa yang menyangka, jika catu daya portable tersebut memiliki pasar yang hebat. Dalam survei internal yang dilakukan SatuPro Global Niaga, penjualan powerbank di Indonesia mencapai Rp60-70 miliar per bulan. “Jumlah tersebut semua brand dengan total 500.000 unit yang terjual per bulan,” kata Heri Hertanto, CEO SatuPro Global Niaga, di Jakarta, Selasa (22/8/2017). (www. techno.okezone.com)

Berdasarkan hasl tersebut maka kebutuhan powerbank seturut dengan kebutuhan handphone. Namun, jika powerbank tersebut juga habis kita perlu memikirkan hal tersebut pula. Berikut adalah salah satu solusi mengatasi kebutuhan daya listrik untuk handphone dengan membuat charger dari baterai 9V yang mudah kita temui.

 

Langkah 1 : Mempersiapkan alat dan bahan

Alat :   Gunting

Solder

Lem Tembak

Tang Potong

 

Bahan: Kancing Baterai 9V

IC 7805

Timah secukupnya

Ujung micro kabel data (bias yang bekas)

Baterai 9V

Infraboard ukuran ±(3cmx3cm)

 

Langkah 2 : Merangkai semua komponen

A. Pasang kancing baterai ke salah satu sisi Infraboard menggunakan lem tembak

 

 

B. Pasang IC7805 di sisi lain infraboard menggunakan lem tembak

C. Potong ujung kabel data pada bagian micronya menggunakan tang

D. Sambungkan kaki kiri IC 7805 dengan kabel positif kancing baterai (warna merah), kaki tengah IC 7805 dengan kabel kabel negatif kancing baterai (warna hitam) dan kabel negatif micro (bisa warna hitam atau hijau), kaki kanan IC 7805 dengan kabel positif micro (warna merah) menggunakan timah dan solder.

E. Pasang kancing baterai dengan baterai 9V dan ujikan ke handphone

Demikian artikel ini saya tulis. Semoga hal ini dapat bermanfaat bagi anda yang kesulitan mencari sumber daya listrik untuk mengisi daya pada handphone anda. Selamat bereksperimen dan selamat mencoba. Salam kreatifitas…..

 

 

Antonius Budi (AT) – 2017

Guru PKWU : Rekayasa SMAK 6 PENABUR