Meminta Hikmat | Renungan Harian Remaja

 Tetapi apabila di antara kamu

ada yang kekurangan hikmat,

hendaklah ia memintakannya kepada Allah ….

(Yakobus 1:5)

 

 

 

Socrates yang hidup sekitar 2000 tahun lalu mengatakan, “Hidup yang tidak pernah direfleksikan adalah hidup yang tak pantas dijalani.” Maksud Socrates adalah setiap orang perlu untuk melihat kembali perjalanan hidupnya, sehingga orang dapat belajar dari pengalaman dan dapat merencanakan langkah selanjutnya ataupun melakukan perubahan.

 

 

Hal itu senada dengan surat Yakobus yang mengajak setiap pembacanya untuk meminta hikmat kepada Allah. Lho, apa itu hikmat? Hikmat bukanlah dugaan filosofis ataupun pengetahuan intelektual, melainkan berkaitan dengan masalah kehidupan. Hikmat adalah kemampuan untuk belajar dari perjalanan hidup sebelumnya, dan menggunakan semua pengalaman itu sebagai guru di masa kini dan masa depan. Oleh karena itu, jika seseorang tidak memiliki hikmat untuk menggunakan pengalaman-pengalaman hidupnya secara benar, hendaknya ia meminta kepada Allah.

 

 

Teens, hari-hari yang kamu jalani janganlah kamu biarkan berlalu begitu saja. Pakailah setiap kesempatan yang ada untuk merenungkan dan melihat kembali peristiwa-peristiwa yang sudah kamu lalui. Entah itu peristiwa suka maupun duka, atau bahkan peristiwa sesehari yang biasa kamu lakukan. Dengan merenungkan peristiwa suka, kamu bisa belajar bersyukur pada Tuhan dan belajar menghargai nilai-nilai persahabatan/kekeluargaan. Kamu juga bisa belajar arti memberi dukungan ketika sukacita kamu dapatkan dari sahabat dan keluarga. Lewat peristiwa duka seperti kegagalan, kamu mungkin merasa sangat kecewa, malu dan putus asa, tapi ketimbang terus mempersalahkan dirimu sendiri, kamu bisa belajar dari kekeliruan yang kamu perbuat. Hal yang terbaik adalah kemudian kamu berusaha untuk memperbaiki cara hidupmu untuk bisa berhasil. Mintalah hikmat dari Allah agar kamu dapat mengambil pelajaran dari peristiwa yang sudah terjadi sehingga kamu tidak lagi jatuh dalam kesalahan yang sama, melainkan memakai pengalaman itu untuk pembelajaran hidup lebih baik.

sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/01/02/

sumber gambar : https://www.sharefaith.com/blog/wp-content/uploads/2013/07