Vaksinasi Difteri (Dt).

Pada bulan Desember 2017 yang lalu di SMAK 6 telah dilaksanakan vaksinasi Difteri (Dt) untuk semua yang berusia dibawah 19 tahun. Seluruh siswa/I turut ambil bagian untuk mendapatkan vaksinasi Dt ini. Vaksinasi ini tidak di pungut biaya alias gratis. Walaupun pada saat pelaksanaannya banyak sekali yang menangis karena takut dengan jarum suntik ataupun takut dengan rasa sakitnya. Tapi vaksinasi ini berjalan dengan lancar.

Apa sih Difteri itu?..

Difteri adalah infeksi bakteri yang bersumber dari Corynebacterium diphtheriae, yang biasanya mempengaruhi selaput lendir dan tenggorokan.Difteri umumnya menyebabkan sakit tenggorokan, demam, kelenjar bengkak, dan lemas. Dalam tahap lanjut, difteri bisa menyebabkan kerusakan pada jantung, ginjal dan sistem saraf. Kondisi seperti itu pada akhirnya bisa berakibat sangat fatal dan berujung pada kematian.

Inilah yang menyebabkan pemerintah mengharuskan seluruh masyarakat untuk vaksinasi Dt. Mulai dari usia 1-19 tahun dan bahkan bisa juga untuk yang dewasa.

Vaksin Dt dilaksanakan 3 (tiga) tahap dan pada tanggal. 25 Januari 2018 lalu, vaksinasi Dt tahap kedua sudah selesai dilaksanakan juga di SMAK 6. Seluruh siswa/I yang sudah mengikuti vaksin tahap pertama juga sudah menerima vaksin yang tahap kedua. Tinggal menunggu vaksinasi tahap yang ketiga setelah 6 bulan kemudian.

Semoga dengan adanya vaksinasi Dt serentak ini, Indonesia akan terbebas dari wabah Difteri. Mari kita laksanakan dan lancarkan vaksinasi Dt serentak ini. Tuhan Yesus Memberkati. (EK)