PINTAR TANPA ATTITUDE ???

Attitude adalah sikap, tingkah laku atau perilaku seseorang dalam berinteraksi ataupun berkomunikasi dengan sesama manusia. Hal tersebut karena kita diciptakan sebagai MANUSIA, makhluk hidup yang membutuhkan interaksi dengan makhluk hidup lainnya. Bahkan manusia yang cacat sekalipun membutuhkan interaksi atau komunikasi dengan manusia lainnya. 

Pintar adalah hasil yang diciptakan oleh otak, bisa juga berarti pandai atau mahir. Karena kita diciptakan sebagai MANUSIA yang diberikan akal budi oleh Tuhan, maka kepintaran kita pun adalah hasil olahan dari otak untuk dapat mengerti dan memahami banyak hal secara cepat. Tingkat kepintaran seseorang biasanya dilihat dari caranya mengerti dan memahami apapun itu dengan cepat dan mampu mengingatnya serta bisa mengimplementasikan dalam tulisan atau lisan.

Lalu, apa hubungannya PINTAR dengan ATTITUDE?

Jika dilihat dari definisi atau arti katanya, ya tentu saja tidak ada hubungannya. Akan tetapi, jika diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka itu seharusnya bisa sejalan dan saling mendukung.

Seseorang yang memiliki kepintaran adalah orang yang istimewa karena bisa dipastikan bahwa orang itu akan bisa sangat berguna bagi siapapun. Orang itu pastinya akan bisa meraih kesuksesannya dengan mudah. 

Kebanyakan orang pintar itu identik dengan kutu buku dan biasanya kutu buku itu kuper atau kurang pergaulan. Jika demikian, tidak menutup kemungkinan mereka yang pintar juga adalah seorang penyendiri atau pecinta kesendirian. Walaupun tidak sedikit juga orang-orang pintar itu juga pandai dalam bergaul dan berorganisasi. Lalu, bagaimana umumnya sikap mereka? Karena keseringannya dalam kesendirian, maka tidak jarang mereka lupa bahwa mereka adalah makhluk social, makhluk yang seharusnya berinteraksi. Makhluk yang seharusnya memiliki sikap yang baik, makhluk yang memiliki empati dan simpatik, makhluk yang memiliki perasaan. Itulah relevansinya kepintaran dengan attitude.

Seseorang yang pintar biasanya hanya pintar dalam teori atau praktik, tetapi semua kepintarannya itu tidak akan ada gunanya jika tidak diiringi dengan attitude. Attitude adalah penyumbang terbesar dalam kesuksesan orang pintar. Sebab, pintar tidak ada gunanya jika hanya untuk diri sendiri, pintar akan lebih berguna jika  ada orang lain yang mendapatkan manfaat dari kepintaran itu. Nah, pada saat itulah attitude diperlukan. Supaya kepintaran bisa berguna, maka attitude harus bermain dengannya. Jika sudah demikian, maka kesuksesan akan datang dengan sendirinya. Pintar dengan Attitude? Hasilnya adalah KESUKSESAN. (EK)