FUTURE VS PRESENT

“… datanglah Kerajaan-Mu, 

jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga.”

(Matius 6:10)

 

 

Paus Yohanes Paulus II pernah berkata demikian, “Masa depan itu dimulai saat ini juga, bukan besok.” Perkataan itu ingin mengajak kita merenungkan soal waktu. Kita sering berpikir bahwa masa depan itu jauh di depan kita. Besok, lusa, minggu depan, bulan depan, tahun depan, atau 10 tahun lagi. Intinya, masa depan itu jauh dari hari ini! Namun, perlahan-lahan, detik demi detik, masa depan itu menghampiri kita. Masa depan beralih menjadi masa kini.

 

 

Bacaan kita hari ini adalah doa yang Tuhan Yesus ajarkan kepada para murid. Kita menyebutnya dengan Doa Bapa Kami. Pada ayat 10, Tuhan Yesus mengajar para murid untuk berdoa supaya Kerajaan Allah datang, dan kehendak Allah jadi di bumi ini layaknya Ia memerintah di surga. Pada kalimat itu, terkandung sebuah makna bahwa kita menantikan datangnya Kerajaan Allah ketika Allah berkehendak dan memimpin dunia ini. Kita akan merasakan suasana surgawi di bumi kelak. Namun, apakah kita harus menunggu saja? Tentu tidak! Kita bisa menghadirkan suasana surgawi itu! Kita bisa “mendatangkan Kerajaan Allah” di bumi ini. Bagaimana caranya? Yakni dengan melakukan kehendak Allah atas hidup kita. Bukan kehendak kita yang terjadi, melainkan kehendak-Nya.

 

 

Teens, kebanyakan dari kita selalu berorientasi terhadap masa depan. Kita sibuk bersekolah demi masa depan, kita rajin menabung juga untuk masa depan. Seolah-olah segala aktivitas kita saat ini, kita lakukan untuk masa depan. Begitu juga saat kita berpikir soal akhir zaman, itu urusan masa depan. Bukan masa kini! Konsekuensinya, kita jarang memperhatikan masa kini. Mari kita belajar dari isi Doa Bapa Kami. Menjadikan kehendak Allah sebagai hal yang utama dalam hidup kita, bukan untuk esok hari atau tahun depan, tetapi mulai hari ini, sekarang ini dan saat ini. Dengan begitu, kita bisa mencicipi suasana surgawi ketika kasih dan kedamaian kita rasakan di bumi ini.

 

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/02/26/