FILTER BERITA

“Demikian juga lidah, 

walaupun suatu anggota kecil dari tubuh,

namun dapat memegahkan perkara-perkara yang besar.”

(Yakobus 3:5)

 

 

Suatu ketika seseorang berkata pada Socrates, “Saya baru mendengar cerita tentang seorang sahabat anda.” Jawab Socrates, “Tunggu dulu, sebelum cerita, saya ingin menyaringnya dengan tiga pertanyaan. Apakah anda yakin apa yang anda akan ceritakan benar?” Orang itu menjawab, “Saya tidak tahu benar atau tidak.” “Pertanyaan kedua, apakah cerita itu tentang sesuatu yang baik?” Jawab orang itu, “Tidak, justru sebaliknya.” “Pertanyaan ketiga, apakah cerita itu berguna buat saya?” “Hmm…saya tidak yakin.” Kata Socrates, “Jadi anda ingin menceritakan pada saya sesuatu yang belum tentu benar, bukan kebaikan dan tidak berguna buat saya?”

 

 

Teens, perkara yang muncul karena perkataan bisa sangat beragam. Bahkan lidah dapat mengakibatkan kerusakan sampai jarak yang jauh. Sepatah kata diucapkan seseorang di ujung negeri dapat membawa kepedihan dan luka pada orang lain. Tangan hanya membunuh dari jarak dekat, tapi lidah bagaikan anak panah yang bisa membunuh dari jarak yang jauh. Ungkapan kebencian pada orang Yahudi oleh Hitler, mengakibatkan banyak orang Yahudi di Jerman mengalami pembantaian. Bukan hanya Hitler yang menangkap orang-orang Yahudi, bahkan masyarakat umum ikut membenci dan menangkapi orang-orang Yahudi. Cerita yang demikian terus berulang dari masa ke masa.

 

 

Teens, berhati-hatilah dalam berkata-kata. Berhati-hatilah dalam meneruskan berita. Pada saat ini, kita harus berperan seperti editor yang menyaring setiap berita yang kita terima. Kita mesti punya filter yang bagus. Cek dulu kebenaran dari setiap berita yang kita dengar dari teman-teman kita, termasuk berita yang masuk di media sosial seperti Facebook, BBM, WA, Twitter, dan sebagainya. Dengan demikian kita menjadi penyebar berita kebenaran, yang memberi kesukaan, peneguhan, dan pencerahan, bukannya berita hoax. Bukankah begitu juga makna mengabarkan Injil?

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/01/17/