MEMPERJUANGKAN KEADILAN DAN DAMAI SEJAHTERA

” Jadi berdirilah tegap,
berikatpinggangkan
kebenaran
dan berbajuzirahkan keadilan,
kakimu berkasutkan kerelaan
untuk memberitakan
Injil damai sejahtera …. “
(Efesus 6:14-15)

 

 

Memperjuangkan keadilan dan damai sejahtera adalah tanggung jawab setiap orang di dunia ini, baik orang muda, juga orang tua. Kita melakukannya bersama-sama sebagai kekuatan yang mengalahkan kebencian dan ketidakadilan. Teens, sebagai generasi muda, kita perlu memperjuangkan keadilan dan damai sejahtera dalam kehidupan dan pergaulan kita. Hal itu dapat kita lakukan dengan hal yang paling sederhana, yaitu lewat pengampunan, berempati dan bermurah hati.

 

Dalam bacaan kita hari ini, Paulus menegaskan tentang pentingnya kita mengupayakan keadilan dan damai sejahtera sebagai bentuk nyata iman kita. Di dalam Kristus, kita menjadi ciptaan baru yang menghadirkan kasih dan keadilan, sehingga terciptalah damai sejahtera di bumi. Iman harus nyata dalam perbuatan, sebab iman tanpa perbuatan pada hakikatnya adalah mati. Paulus mengingatkan kita bahwa perbuatan yang sesuai dengan iman tidak taken for granted, atau datang begitu saja setelah kita beriman. Tidak! Hal itu harus kita upayakan dengan tekun dan sungguh-sungguh. Umat beriman seharusnya bersikap adil dan senang mengupayakan damai sejahtera bagi sekitarnya.

 

Teens, generasi muda saat ini sering dikritik sebagai generasi yang tidak peduli dengan sesama dan keadaan di sekelilingnya. Tak terlepas juga generasi muda Kristen. Kita perlu mematahkan anggapan itu, sebab generasi muda di dalam Allah yang telah mengenal kebenaran Kristus diutus untuk menghadirkan keadilan dan damai sejahtera. Tugas itu memang tidak mudah, tapi Allah sendiri yang akan menolong dan memberkati kita dengan rahmat-Nya. Perjuangan kita adalah perjuangan bersama Allah. Biarlah segala kekuatan dan pengharapan kita gantungkan hanya pada kasih Allah, agar keadilan dan kedamaian-Nya dinyatakan di tengah dunia melalui
kehidupan kita.

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2017/01/31/