STOP OVERTHINGKING

“Sebab itu
janganlah kamu kuatir
akan hari besok,
karena hari besok
mempunyai
kesusahannya sendiri.
Kesusahan sehari
cukuplah untuk sehari.”
(Matius 6:34)

 

Teens, kalian pernah dengar quote “overthinking kiils your happiness?” Kalau kalian bertanya memangnya kenapa? Jawabnya karena ketika kita berpikir berlebihan, kita akan memiliki kecenderungan untuk mengkhawatirkan banyak hal. Saat itulah kita menjadi tidak bahagia karena kita tidak dapat menikmati dan mensyukuri hari ini. Berpikir berlebihan menjadi suatu godaan tersendiri saat kita tengah merasakan patah hati, sebab ada banyak hal yang mendatangkan pertanyaan yang tidak kita pahami. Mengapa? Pertanyaan tanpa jawaban itu tidak hanya mendatangkan kegelisahan, tetapi juga menorehkan luka semakin dalam. Ketidaktahuan akan kenyataan malah mendorong kita membuat jawaban yang tentunya jauh dari kebenaran.

 

Teens, dalam Injil Matius 6:34, Tuhan Yesus pernah bersabda untuk tidak terlalu mengkhawatirkan banyak hal. Sebaliknya Tuhan Yesus meminta kita untuk berpikir sederhana, yaitu tentang bagaimana menyikapi keadaan saat ini di hari ini. Untuk itu jelas kita perlu belajar untuk mengendalikan diri sehingga tidak membiarkan diri kita terlalu memikirkan banyak hal yang hanya akan menghilangkan sukacita di hati. Kita juga diminta untuk percaya pada pemeliharaan Tuhan bahwa Ia yang memegang kendali atas hidup kita di waktu lalu, kini dan nanti.

 

So Teens, tunggu apa lagi?! Yuk belajar mengendalikan diri sehingga pikiran kita tidak menjadi musuh tersembunyi yang melemahkan kemampuan kita untuk bersukacita. Mari kita belajar untuk beriman kepada Tuhan di tengah kekhawatiran dan keraguan kita. Izinkan dirimu untuk bahagia dengan tidak terlalu berlebihan memikirkan hal-hal yang tidak akan pernah mampu kamu ubah. Terimalah hal-hal yang tidak dapat kamu ubah. Ubahlah kebiasaanmu saat overthinking . Percayakanlah hidupmu pada Tuhan sebab Ia akan menolongmu.

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2017/04/08/