JAGALAH HATI DAN MULUT

“Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik

dari perbendaharaan hatinya yang baik ….”

(Luk. 6:45)

 

Apakah Anda pernah menjalani diet? Misalnya, hanya mengonsumsi sayur dan buah, menghindari daging berlemak, dan mengurangi porsi nasi dan lauk-pauk? Banyak pemuda masa kini ingin selalu tampil bertubuh langsing dan proporsional. Mereka pasti tidak asing dengan diet. Orang yang pernah menjalani diet pasti mengerti bahwa diet itu tidak enak dan merepotkan. Kita akan berpikir dahulu saat hendak makan dan minum. Namun, walaupun tidak enak, demi penampilan, banyak orang rela berdiet.

 

Walaupun merepotkan dan tidak enak, memilih atau menyeleksi apa yang masuk ke dalam mulut masih jauh lebih mudah daripada memilih apa yang keluar dari mulut kita. Apa yang keluar dari mulut kita? Perkataan, bukan? Itu sebabnya firman Tuhan hari ini mengingatkan bahwa hati seseorang tercermin dari perkataannya. Apa yang diucapkan oleh mulut seseorang meluap dari kedalaman hatinya. Melalui perkataan seseorang, kita bisa mengetahui apakah niat hatinya baik atau tidak dan apakah penuh dengan tipu daya atau tidak. Orang yang baik akan mengucapkan kata-kata yang baik dan positif. Demikian juga sebaliknya.

 

Youth, marilah kita introspeksi diri kita! Sudahkah kita mengucapkan kata-kata yang baik dan positif di sepanjang minggu ini? Apakah justru kita lebih banyak menggosip, memfitnah, dan mengumbar perkataan yang sia-sia? Ingatlah bahwa perkataan mencerminkan hati penuturnya! Berhati-hatilah ketika mengucapkan kata-kata yang keluar dari mulut kita! Jangan sampai ada perkataan yang sia-sia keluar dari mulut Anda!

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/06/20/