KESEIMBANGAN

” Sebab kamu dibebani bukanlah supaya

orang-orang lain mendapat keringanan,

tetapi supaya ada keseimbangan. ”

(2 Korintus 8:13)

 

Teens, semua hal yang ekstrim tidak baik. Misalnya saja, kita makan satu buah tahu isi dengan 20 buah cabai rawit. Bukannya kenikmatan tahu yang kita dapatkan, tetapi hanya rasa pedas dengan sedikit rasa tahu. Namun apa yang seimbang, akan memberikan kedamaian dan sukacita. Misalnya saja, paduan warna yang serasi pada dinding kamar tidur kita, atau saat kita mendesain kumpulan foto-foto yang kita ambil menggunakan kamera kita dengan berbagai pose yang pas dan paduan warna yang seimbang juga.

 

Gereja di Yerusalem pada zaman dahulu sangat miskin. Namun mereka tertolong karena gereja-gereja lain memberi dukungan dengan menyalurkan bantuan dan persembahan mereka kepada saudara-saudara mereka yang membutuhkan. Rasul Paulus mengingatkan bahwa setiap bantuan yang diberikan bukan menjadi beban, tetapi supaya ada keseimbangan. Ada kelebihan yang dimiliki oleh Gereja Yerusalem, tetapi juga ada kekurangannya dalam hal yang lain. Begitu juga dengan Gereja Korintus, mereka memiliki kelebihan dalam hal keuangan, tetapi memiliki kekurangan dalam hal lain. Itu bukanlah sesuatu yang buruk, jika masing-masing gereja mau saling mengisi kekurangan yang lain. Demikianlah Paulus mengajak mereka untuk memberikan bantuan yang terbaik kepada yang lain, supaya semuanya mengalami damai dan sejahtera di dalam keseimbangan yang utuh.

 

Teens, apakah kita mempersiapkan persembahan uang yang kita berikan di kebaktian? Atau tanpa kita persiapkan? Bagaimanakah kita memberi makna terhadap setiap persembahan yang berupa tenaga, waktu dan yang lainnya dalam kehidupan iman kita? Ingatlah selalu untuk memberikan yang terbaik bagi Tuhan dan gereja-Nya tanpa merasa terpaksa atau terbeban, tetapi supaya ada keseimbangan. Keseimbangan yang akan menata kehidupan ini menjadi lebih baik. Keseimbangan yang membuat kita dapat menjadi berkat bagi banyak orang.

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/08/31/