BISA DIPERCAYA

“Maka sekarang, lihatlah aku melepaskan engkau hari ini

dari belenggu yang ada pada tanganmu itu.

Jika engkau suka untuk ikut pergi dengan aku ke Babel, marilah!”

(Yeremia 40:4)

 

Teens, pada Dasa Darma Pramuka yang kesem­bilan dikatakan: bertanggung jawab dan bisa di­percaya. Apa perlunya bisa dipercaya? Dipercaya bermakna kehidupan yang dijalani dengan jujur dan bertanggung jawab. Jujur kepada diri sendiri dan kepada sesama. Selain itu bisa dipercaya akan terwujud apabila kita melakukan semua tanggung jawab yang dipercayakan kepada kita dengan sung­guh-sungguh.

 

Apa kaitan bisa dipercaya dengan Yeremia? Apabila kita melihat perikop yang kita baca hari ini, kita menemukan bagaimana sosok Yeremia sebagai orang yang bisa dipercaya. Ia dipercaya oleh semua pihak. Ia diper­caya oleh Zedekia. Bahkan ia pun dipercaya oleh Nebukadnezar yang merupakan mu­suh Zedekia. Dari mana kita tahu bahwa Yeremia adalah orang yang dapat dipercaya? Pada ayat 4-6, kita menemukan hal itu. Yeremia bebas menentukan pilihan. Ia mau ikut ke Babel dipersilakan, tidak ikut ke Babel pun dipersilakan. Sebagai orang yang dipercaya, Yeremia bebas menentukan pilihan yang terbaik bagi dirinya sendiri. Dalam kisah itu akhirnya Yeremia memilih untuk tinggal bersama Gedalya bin Ahikam di Mizpa, dan diam bersama-sama dengan dia di tengah-tengah rakyat yang masih tinggal di negeri itu. Dari kalimat tersebut, kita juga menemukan bahwa Yeremia juga dipercaya oleh seluruh rakyat, sehingga mereka mempersilakan Yeremia tinggal bersama mereka.

 

Teens, ternyata pribadi yang bisa dipercaya itu akan mendapat berbagai kepercayaan dari banyak orang. Hal itu tentu menggembirakan. Sebaliknya, apabila orang tidak bisa dipercaya, di mana pun ia berada akan selalu dicurigai. Yeremia bisa di­percaya karena ia hidup dengan jujur dan bertanggung jawab pada setiap tugas yang diberikan kepadanya. Inilah kuncinya. Yuk kita coba terapkan menjadi orang yang bisa dipercaya dalam kehidupan sehari-hari. Lakukanlah apa yang kamu katakan. Tuluslah dalam segala lakumu.

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/teens-for-christ/