LEBIH TAJAM DARIPADA PEDANG

Sebab firman Allah hidup dan kuat

dan lebih tajam dari pada pedang bermata dua mana pun ….

(Ibr. 4:12)

 

“Dalamnya lautan bisa terselami, tapi dalam­nya hati tidak ada yang tahu.” Peribahasa tersebut hendak menjelaskan bahwa mus-tahil mengetahui isi hati orang lain bila orang tersebut tidak mengungkapkannya. Sulit untuk mengetahui apa yang sedang di-pikirkan dan direncanakan orang lain, ke-cuali oleh orang itu sendiri.

Firman Allah hari ini mengatakan bah­wa selain manusia itu sendiri yang menge­tahui isi hatinya, Allah juga berkuasa mengetahui isi hati manusia. Firman Allah disebut hidup, kuat, dan lebih tajam daripada pe-dang bermata dua mana pun (ay. 12). Hidup, sebab mampu meng-ubah hidup para pendengarnya (1Tes. 1:9). Kuat, sebab dengan fir­man Allah saja bumi tercipta (Kej. 1:3). Firman lebih tajam dari pedang karena menolong manusia untuk mengevaluasi diri secara jernih di hadapan Allah, apakah hidupnya sudah sungguh-sungguh baik di hadapan Allah? Di hadapan sesama, manusia bisa berpura-pura tetapi di hadapan Allah tidak ada yang tersembunyi. Allah mengetahui segala hal yang manusia pikirkan, renungkan, dan ren­canakan. Yesus adalah firman Allah yang hidup. Ia adalah Tuhan. Hidup kita berada di bawah terang pengawasan-Nya, sang Firman yang hidup itu.

Youth, apakah Saudara menyadari bahwa hidup kita tidak tersembunyi di hadapan Yesus Kristus, Sang Firman yang hidup? Bila kita percaya pada-Nya, tentu kita hidup tidak akan menyim­pang dari kebenaran firman-Nya. Bukalah diri untuk dipimpin Roh Kudus agar menjadi layak di hadapan-Nya.

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/10/14/