IBU-KU DAN SAUDARA-KU

“Sebab siapa pun yang melakukan kehendak Bapa-Ku di sorga,

dialah saudara-Ku laki-laki, dialah saudara-Ku perempuan, dialah ibu-Ku.”

(Matius 12:50)

 

Teens, bagaimana rasanya jika kamu tidak di­anggap oleh saudaramu? Tentu merasa sakit hati. Demikian pula ketika seorang ibu tidak dianggap oleh anaknya. Kata-kata yang Yesus ucapkan dalam teks Alkitab hari ini seolah-olah sedang menolak ibu dan saudara-saudara-Nya. Ibu dan saudara-saudara Yesus ingin bertemu dengan-Nya. Ada orang yang memberitahukan Yesus bahwa ibu dan saudara-saudara-Nya datang untuk menemui-Nya. Saat itu, Yesus tidak segera menemui mereka, me­lainkan mempertanyakan siapakah saudara dan ibu-Nya. Ia mengatakan bahwa ibu dan saudara-Nya adalah orang-orang yang melakukan kehendak Bapa.

 

Dengan berkata demikian sebenarnya Yesus ingin membuka pemahaman baru mengenai keluarga. Bagi Yesus, keluarga bukan sekadar hubungan darah. Keluarga adalah kumpulan orang-orang yang bersedia bersama-sama melakukan kehendak Bapa. Ketika orang-orang melakukan kehendak Bapa, maka mereka tidak hanya mewujudkan hubungan mereka dengan Bapa, namun juga menjadi bagian dari orang-orang yang sama-sama melakukan kehendak Bapa, menjadi saudara mereka. Apa yang dikatakan oleh Yesus itu bukan bermaksud untuk menolak relasi ibu dan saudara kandungnya, me­lainkan meluaskan pengertian keluarga sejati dalam Kerajaan Allah. Dengan demikian, orang-orang yang tidak lagi memiliki keluarga secara fisik dapat memiliki sebuah keluar­ga di hadapan Bapa. Yesus memberi harapan bagi orang-orang yang kesepian dan tidak memiliki keluarga. Hal ini adalah kepedulian Yesus pada orang-orang yang kesepian.

 

Teens, ada orang-orang lain di sekitar kamu yang kesepian dan tidak memiliki keluarga. Yesus mengajarkan kita melalui tindakan-Nya untuk merangkul orang-orang yang kesepian dan tidak memiliki keluarga untuk menjadikan mereka saudara. Ini bu­kan berarti kamu lantas tidak peduli dengan keluarga kandungmu. Kepedulianmu hanya diperluas.

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/teens-for-christ/