KOTA YERUSALEM

“Apabila kamu melihat Yerusalem dikepung oleh tentara-tentara,

ketahuilah, bahwa keruntuhannya sudah dekat.”

(Luk. 21:20)

 

 

Holy Land tour alias tur ke tanah suci adalah perjalanan yang ditawarkan oleh agen-agen ziarah Kristen. Ada paket tur ke daerah Israel saja, ada paket sampai ke Mesir, ada juga paket lengkap sampai ke Eropa. Kota mana yang menjadi tujuan utama tur-tur tersebut? Tentu saja: Yerusalem! Demikianlah, zaman sekarang kita mengenal kota Yerusalem sebagai des­tinasi ziarah. Tradisi ziarah ke Yerusalem sebetulnya bukanlah bagian dari panggilan ataupun kewajiban orang Kristen. Walau demikian, tetap banyak orang yang tertarik untuk mengetahui pergi ke kota itu.

 

 

Penulis Injil Lukas menceritakan perkataan Tuhan Yesus tentang kehancuran kota Yerusalem. Dalam sejarah, kota Yerusalem hancur pada tahun 70 M akibat pemberontakan kelompok-kelompok yang berbeda-beda, serta penyerbuan Romawi. Bangsa Roma menguasai Yerusalem, membunuh para penduduk, membakar bait Allah, serta merampas berbagai perkakas bait Allah. Dalam masa itu, penduduk pun berusaha menyelamatkan diri. Ungkapan belas kasihan Yesus kepada ibu yang mengandung dan menyusui adalah gambaran bahwa penderitaan itu bukan hanya menimpa kaum laki-laki yang ikut memberontak atau berperang. Semua akan menjadi tawanan.

 

 

Dalam hidup ini, ada penderitaan yang tak dapat kita hindari. Kita pun mencoba bertahan dan menghadapinya. Tetapi kita tahu, bahwa Tuhan menemani kita dalam masa-masa itu.

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/12/01/