JANGAN MENYERAH

Berfirmanlah TUHAN kepada Yosua:

“Ketahuilah, Aku serahkan ke tanganmu Yerikho ini

beserta rajanya dan pahlawan-pahlawannya yang gagah perkasa.”

(Yosua 6:2)

 

 

Teens, coba pikirkan dan sebutkan 5 sifat/kebiasaan baik, dan 5 sifat/kebiasaan buruk dalam diri kita! Kira-kira lebih mudah (lebih cepat) memikirkan dan menyebutkan sifat/kebiasaan baik atau sifat buruk yang kita miliki? Hampir setiap orang akan lebih mu­dah menjawab sifat/kebiasaan buruk dirinya daripa­da sifat/kebiasaan baik. Mengapa bisa seperti itu? Sebenarnya adalah anugerah Tuhan ketika setiap orang dapat senantiasa menyadari sifat/kebiasaan buruknya dan mau untuk memperbaikinya. Meski­pun untuk memperbaiki sifat/kebiasaan buruk itu tidaklah mudah (bahkan sulit). Adakah di antara kamu yang pernah berniat untuk mengubah sifat/kebiasaan buruk? Apakah mudah atau sulit? Mengapa? Karena kamu merasa dirimu sudah dikuasai oleh sifat/ kebiasaan buruk itu. Misalnya: kamu berniat untuk mengubah kebiasaan merokok, be­gadang, menyontek, dan lain-lain. Atau kamu berniat mengubah sifat berbohong, den­dam, iri hati, menghakimi, dan lain-lain. Lalu apa yang dapat kamu lakukan?

 

Saat bangsa Israel akan berhadapan dengan Yerikho, bukanlah sebuah hal yang mudah. Mengapa? Karena Yerikho memiliki pahlawan yang gagah perkasa. Namun apa yang terjadi? Bangsa Israel tidak menyerah. Dengan bantuan Tuhan, bangsa Israel dapat mengalahkan Yerikho.

 

Teens, tidak ada yang mustahil saat kita senantiasa berjalan bersama Tuhan. Seperti lagu D’Masiv, “Tuhan pasti kan menunjukkan kebesaran dan kuasa-Nya/ Bagi hambanya yang sabar dan tak kenal putus asa/ Jangan menyerah.” Saat kita menyadari sifat/ kebiasaan buruk yang kita miliki dan berniat untuk memperbaikinya namun terasa sulit, janganlah menyerah! Libatkan Tuhan saat kita hendak memperbaikinya. Berdoa dan berusaha senantiasa, dan yakinlah kita dapat memperbaikinya bersama dengan Tuhan. Sudahkah kita mendoakan sifat/kebiasaan buruk kita dan minta agar Tuhan membantu kita untuk memperbaikinya? Mulailah dari sekarang!

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/teens-for-christ/