MAKNA KADO ISTIMEWA

” Mereka pun membuka tempat harta bendanya

dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya,

yaitu emas, kemenyan dan mur. “

(Matius 2:11)

 

 

Teens, pernahkah kamu mendapat kado spesial dari teman, pacar atau orangtuamu? Biasanya, se­tiap kado punya makna khusus. Seseorang mem­beri cokelat pada orang yang dikasihinya saat hari Valentine agar relasi mereka menjadi manis sema­nis cokelat. Sahabat saya pernah memberi saya se­buah buku kumpulan doa saat saya berulang tahun karena ia berharap agar saya semakin rajin berdoa. Saya sendiri pernah memberikan sekotak lego ke­pada orang yang saya kasihi agar ia mengasah kreativitasnya di dalam pekerjaannya.

 

Kalau begitu, apa artinya kado yang diberikan orang-orang majus kepada Yesus? Orang-orang majus memberikan emas, kemenyan dan mur. Emas, kemenyan, dan mur adalah barang-barang yang sangat mahal pada masa itu. Emas adalah persembahan yang biasa diberikan untuk seorang raja. Dengan demikian, pemberian emas mau me­nyatakan bahwa orang-orang majus itu mengakui bahwa Tuhan Yesus adalah Raja. Kemenyan biasanya dipakai oleh imam pada saat ibadah. Bau harum dari kemenyan menunjukkan bahwa seorang imam harus menunjukkan kemuliaan Allah. Persembahan kemenyan ingin menunjukkan sebuah pengakuan bahwa Tuhan Yesus adalah Imam yang Agung. Terakhir, mur biasanya diberikan untuk orang penting yang akan meninggal. Mur dipakai untuk membalsem tubuh orang yang meninggal tersebut. Dengan demikian, mur diberikan sebagai sebuah tanda bahwa keagungan Tuhan Yesus akan nyata saat Ia mati di kayu salib untuk menebus manusia dari dosa.

 

Teens, hadiah orang-orang majus menggambarkan sejarah perjalanan kehidupan Tuhan Yesus. Pertanyaannya, apakah kamu mensyukuri kehadiran Tuhan Yesus se­bagai Raja, Imam dan Penebus di hidupmu? Rayakanlah Natal dengan menghayati siapa Tuhan Yesus di hidupmu. Jadikanlah hidupmu sebagai kado Natal yang indah bagi Tuhan Yesus!

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/12/22/