MENDOBRAK STEREOTIPE

“Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda,

engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil

di antara mereka yang memerintah Yehuda,

karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin,

yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.”

(Matius 2:6)

 

 

“Saya ingin meningkatkan kepercayaan diri perem­puan-perempuan Indonesia tentang kecantikan. Cantik itu tidak harus putih dan berambut lurus tetapi dengan menyadari keunikan di dalam diri kita sendiri dan terus percaya diri.” Kalimat itu diucap­kan oleh Ludia Amaye Maryen, perempuan asal Papua yang meraih gelar penghargaan khusus sebagai Miss Persahabatan Indonesia dalam kompetisi Miss Indonesia 2018. Kalimat yang diucapkan Ludia sangat inspiratif karena mendobrak stereotipe negatif tentang konsep perempuan cantik. Apa sih stereotipe itu? Stereotipe adalah penilaian terhadap seseorang hanya berdasarkan ciri-ciri fisik dan persepsi di mana kelompok itu dilahirkan.

 

Stereotipe tidak hanya muncul pada zaman now . Pada zaman old pun sudah tumbuh stereotipe tertentu di masyarakat. Kisah Natal juga merupakan bukti bahwa Allah mendobrak stereotipe yang dibuat oleh manusia. Allah sengaja memilih Betlehem sebagai tempat kelahiran Yesus untuk melawan segala stereotipe yang ada bahwa orang-orang yang lahir dari Betlehem adalah orang-orang yang kecil dan kurang kompeten untuk memimpin. Di dalam Matius 2:6 tertulis demikian, “Dan engkau Betlehem, tanah Yehuda, engkau sekali-kali bukanlah yang terkecil di antara mereka yang meme-rintah Yehuda, karena dari padamulah akan bangkit seorang pemimpin, yang akan menggembalakan umat-Ku Israel.”

 

Teens, apakah kamu pernah merasakan disepelekan hanya karena rambutmu, matamu, warna kulitmu atau karena daerah asalmu? Jika kamu pernah mendapatkan diskriminasi akibat stereotipe yang ada, maka jangan menyerah untuk mendobrak stereotipe yang ada. Ingatlah bahwa Allah ada bersamamu untuk mendobrak stereo­tipe yang ada. Temukanlah keunikan di dalam dirimu yang Tuhan telah anugerahkan. Tetaplah percaya diri dan nyatakan kualitas kasihmu kepada dunia!

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2018/12/19/