BEBAS DARI RASA TAKUT

“Maka engkau, janganlah takut, hai hamba-Ku Yakub,

demikianlah firman TUHAN, janganlah gentar, hai Israel!”

(Yeremia 30:10)

 

Keringat dingin mengucur di sekujur tubuh Dimas. Hari itu adalah hari pertama Dimas mengikuti seleksi penerimaan siswa baru di sebuah sekolah favorit. Dari berbagai cerita orang, sekolah itu terkenal ketat dalam penerimaan siswa baru. Karena takut, Dimas kehilangan konsentrasi dan putus asa. Ia bersyukur dengan kehadiran Edward, kakak kelas SMP-nya. Edward mengatakan, “ Bro , jangan takut, tenangkan dirimu. Jangan dengar mereka yang berkata bahwa seleksi di sekolah ini ketat. Aku yakin, kamu bisa.” Nasihat Edward membuat Dimas berani mengikuti seleksi dengan hati tenang.

 

Tidak ada alasan lagi untuk takut. Itulah nubuat yang disampaikan Yeremia kepada bangsa Yehuda di tanah pembuangan. Sebentar lagi Nebukadnezar, pemimpin Babel, akan dikalahkan. Dengan kekalahan Babel, Yehuda akan mendapat pembebasan. Dengan nubuat itu, bangsa Yehuda diyakinkan bahwa selalu ada pengharapan bagi orang-orang yang mau bersandar kepada Tuhan. Dalam Yeremia 30:11 dikatakan, “Sebab Aku menyertai engkau, demikianlah firman Tuhan, untuk menyelamatkan engkau: segala bangsa yang ke antaranya engkau Kuserahkan akan Kuhabiskan, tetapi engkau tidak akan Kuhabiskan. Aku akan menghajar engkau menurut hukum, tetapi Aku sama sekali tidak memandang engkau tak bersalah.” Dengan bebas dari rasa takut, bangsa Yehuda memiliki pengharapan.

 

Teens, sebagai manusia biasa, rasa takut sering hadir menyelimuti hidup kita. Demikian juga dengan kamu. Rasa takut itu lumrah. Yang menjadi tidak baik adalah ketika hidupmu dikuasai rasa takut. Bagaimana cara kita mengatasinya? Iman adalah jawaban yang tepat. Berimanlah pada Tuhan. Ia punya rancangan baik buat kamu. Ikutilah rancangan-Nya dan kamu akan bebas dari rasa takut.

 

Sumber : https://www.ykb-wasiat.org/2017/05/29/